Milton Friedman lahir di New York City, anak keempat dan putra hanya kerja imigran Yahudi kelas dari sebuah komunitas Hongaria di tempat yang sekarang Ukraina. Ketika dia berusia satu tahun, keluarganya pindah ke Rahway, New Jersey, di mana orang tua Friedman tetap toko barang-barang kering. Beliau meraih gelar di bidang matematika dari Rutgers University, lulus pada tahun 1932 selama kedalaman sangat dari Depresi besar.

Setelah lulus, Friedman tertarik mengejar studi lebih lanjut dalam matematika, namun keadaan yang mengerikan perekonomian nasional terinspirasi dia untuk mengejar ekonomi sebagai gantinya, dan ia menerima beasiswa dari University of Chicago.




Biography Milton Friedman

Nobel Prize in Economics Hadiah Nobel Ekonomi

Milton Friedman Date of birth: July 31, 1912 Milton Friedman Tanggal lahir: 31 Juli 1912
Date of death: November 16, 2006 Tanggal kematian: November 16, 2006




Milton Friedman

Milton Friedman lahir di New York City, anak keempat dan putra hanya kerja imigran Yahudi kelas dari sebuah komunitas Hongaria di tempat yang sekarang Ukraina. Ketika dia berusia satu tahun, keluarganya pindah ke Rahway, New Jersey, di mana orang tua Friedman tetap toko barang-barang kering. Dia membaca lahap, menikmati sekolah dan menunjukkan bakat tertentu untuk matematika. Beliau meraih gelar di bidang matematika dari Rutgers University, lulus pada tahun 1932 selama kedalaman sangat dari Depresi besar. Meskipun beasiswa meliputi biaya kuliah, ia bekerja sepanjang tahun muridnya untuk memenuhi biaya hidup nya.

Milton Friedman Biografi Foto
Setelah lulus, Friedman tertarik mengejar studi lebih lanjut dalam matematika, namun keadaan yang mengerikan perekonomian nasional terinspirasi dia untuk mengejar ekonomi sebagai gantinya, dan ia menerima beasiswa dari University of Chicago. Sementara mendapatkan gelar master dalam satu tahun di Universitas, ia bertemu dengan seorang mahasiswa ekonomi sesama, Direktur Rose. Kedua berharap untuk menikah, tapi sudah lama dibujuk oleh kesulitan keuangan untuk memulai keluarga selama Depresi.

Friedman dianugerahi beasiswa tahun untuk melanjutkan studi pascasarjana di Columbia University. Setelah satu tahun di Chicago sebagai asisten penelitian di departemen ekonomi, ia kemudian dipekerjakan oleh Komite Sumber Daya Nasional di Washington untuk bekerja pada survei anggaran konsumen besar.

Pada tahun 1937, Friedman bergabung dengan staf penelitian dari Biro Riset Ekonomi Nasional di New York City.Dengan penghasilan tetap akhirnya meyakinkan, Milton Friedman dan Rose Direktur menikah pada tahun 1938. Mereka telah berkolaborasi pada banyak buku dan proyek-proyek selama bertahun-tahun. studi Friedman pendapatan dari praktek profesional yang independen menjabat sebagai disertasi doktor untuk Columbia University, namun publikasi disertasinya ditunda sampai setelah Perang Dunia II. Pada tahun 1940, Friedman menerima pekerjaan di University of Wisconsin tetapi dipaksa untuk mengundurkan diri dalam setahun. Friedman telah jatuh ke dalam konflik dengan anggota lain dari fakultas atas masuknya Amerika ke dalam Perang Dunia II, yang Friedman disukai dan lain-lain menentang. Selama Perang Dunia II, ia bekerja di Departemen Keuangan, dimana ia membantu menciptakan sistem pemotongan pajak federal. Sebelum waktu itu, Amerika telah membayar pajak mereka secara sekaligus tunggal setiap tahun. Selama tahun-tahun terakhir perang, dia diskors penelitian ekonomi dan bekerja sebagai seorang ahli statistik matematika oleh kelompok proyek khusus di Columbia University, berkonsentrasi pada masalah desain senjata, taktik militer dan percobaan metalurgi.

Setelah perang, disertasi Friedman akhirnya diterbitkan, dan ia dianugerahi gelar Ph.D. from Columbia University. dari Columbia University. Buku yang dihasilkan, Pendapatan dari Independen Profesional Praktek memperkenalkan konsep dan sementara pendapatan permanen. Penelitian ini pendapatan profesional, terintegrasi dengan pekerjaan sebelumnya di atas anggaran konsumen, menjabat sebagai dasar tengara Teori Fungsi Konsumsi. Setelah satu tahun di University of Minnesota, Friedman menerima janji di University of Chicago, tempat ia mengajar selama 30 tahun mendatang, sementara secara bersamaan mempertahankan posisi staf dengan Biro Riset Ekonomi.

Milton Friedman Biografi Foto
Di Biro, Friedman melakukan studi jangka panjang dari peran uang dalam siklus bisnis. Di Universitas, ia mendirikan sebuah "Workshop di Uang dan Perbankan," yang memimpin kebangkitan kepentingan dalam studi moneter di Amerika Serikat. Friedman membuat nama sebagai salah satu eksponen Universitas ekonomi neo-klasik, bertentangan dengan ekonomi Keynesian kemudian mendukung di kebanyakan universitas di Eropa dan Amerika. Dalam pengelompokan yang lebih besar dari Sekolah Chicago, Friedman dan rekan-rekan yang berpikiran seperti dianggap sebagai monetaris. Mereka melihat jumlah uang beredar sebagai penentu utama dalam siklus bisnis dan inflasi dan menganggapnya sebagai alat yang paling efektif dari kebijakan ekonomi pemerintah. Daripada fine tuning-kebijakan fiskal Keynesian, Friedman merekomendasikan bahwa bank sentral seperti Federal Reserve mengadopsi aturan umum mengendalikan jumlah uang beredar untuk menekan inflasi dan memungkinkan harga untuk menemukan tingkat alami mereka. Friedman lama berpendapat bahwa hampir seluruh bentuk intervensi pemerintah dalam perekonomian tidak hanya kontraproduktif dalam hal ekonomi, tetapi pada dasarnya bertentangan dengan nilai-nilai masyarakat bebas.

Pada awal 1960-an, ide-ide Friedman mulai mendapatkan penganut di luar persaudaraan para ekonom akademik, terutama melalui serangkaian buku persuasif untuk pembaca umum, termasuk Kapitalisme dan Kebebasan (1962), ditulis dengan kolaborasi dengan istrinya, Rose D. Friedman. TTahun berikutnya melihat publikasi Sejarah monumental Moneter nya Amerika Serikat, ditulis dengan kolaborasi dengan Anna J. Schwartz.

Keberhasilan dari karya-karyanya dengan masyarakat umum membawa dia ke peran yang lebih menonjol dalam perdebatan kebijakan publik. Friedman menjabat sebagai penasihat ekonomi informal untuk kampanye presiden 1964 Senator Barry Goldwater. Goldwater dikalahkan, tetapi ide-ide Friedman adalah menjangkau audiens yang lebih luas.

Friedman menyarankan kampanye presiden sukses Richard Nixon pada tahun 1968. Selama presiden Nixon, Friedman bertugas di sebuah komite untuk mempelajari kelayakan kembali ke pasukan bersenjata para sukarelawan-untuk pertama kalinya sejak sebelum Perang Dunia II, rekomendasi dari komite ini menyebabkan penghapusan dari rancangan militer pada tahun 1973. Meskipun ketertarikannya pada kebijakan publik, Friedman konsisten menolak janji untuk posisi pemerintah penuh waktu, lebih memilih untuk berkonsentrasi pada pekerjaan ilmiah dan untuk mempromosikan kepercayaan publik kebijakan luar pemerintah.

Pada tahun 1975, Friedman melakukan kunjungan kontroversial ke Chili selama kediktatoran militer Jenderal Augusto Pinochet untuk memberikan serangkaian kuliah tentang ekonomi. Universitas lain dari profesor lulusan Chicago dan kemudian menjabat sebagai penasihat kepada pemerintah Chili. Meskipun Friedman pernah menyarankan rezim secara langsung, ia percaya penerapan kebijakan pasar bebas membantu mempersiapkan negara untuk akhirnya kembali ke pemerintahan demokratis.Friedman memberikan ceramah serupa di Afrika Selatan dan Rhodesia (kini Zimbabwe) pada 1970-an. Ia kemudian melakukan perjalanan sejauh Cina untuk berbicara pada ide-ide pasar bebasnya.

karya sebelumnya ilmiah Friedman sekarang mendapatkan pengakuan internasional. Ia dianugerahi Hadiah Nobel 1976 di bidang Ekonomi "untuk prestasinya di bidang analisis konsumsi, sejarah dan teori moneter dan demonstrasi tentang kompleksitas kebijakan stabilisasi. Tahun itu, ia pensiun dari University of Chicago, meskipun ia mempertahankan gelar Paulus Snowdon Russell Distinguished Service Profesor Emeritus Ekonomi di Universitas. Dari 1977 sampai kematiannya ia adalah seorang Senior Research Fellow di Lembaga Hoover pada Perang, Revolusi dan Perdamaian di Universitas Stanford.

Pada tahun 1980, gagasan Milton Friedman yang ditampilkan di bagian umum serial televisi 10, Gratis untuk Pilih. Friedman dan istrinya Rose menerbitkan volume pendamping populer untuk seri, itu menjadi buku nonfiksi terlaris tahun ini. Pada tahun yang sama, Friedman menyarankan calon presiden Ronald Reagan, yang pandangan erat tercermin's laissez faire filosofi Friedman. Pada tahun pertama pemerintahan Reagan, Friedman menjabat sebagai anggota Presiden Kebijakan Ekonomi Dewan Penasihat.

Milton Friedman Biografi Foto
1980-an adalah dekade DAS untuk penerimaan ide-ide Friedman. Pandangannya moneter, kebijakan perpajakan privatisasi, dan deregulasi informasi kebijakan pemerintah di seluruh dunia, terutama administrasi Ronald Reagan di Amerika Serikat dan Margaret Thatcher di Inggris. Ide-idenya dipelajari di seluruh dunia, dan memainkan peran utama dalam transformasi ekonomi Cina. Pada saat yang sama, pandangan libertarian tentang isu-isu sosial seperti dekriminalisasi obat kadang-kadang membuatnya bertentangan dengan konservatif pengagum pemikiran ekonominya. Banyak esai majalahnya mengutuk pemerintah aktivis dikumpulkan dalam buku 1983, Bright Promises, menyedihkan Kinerja.

Sebuah serial televisi kedua dan buku yang menyertainya oleh Friedmans, Tirani Status Quo, muncul pada tahun 1984. Pada tahun 1988 Friedman dianugerahi National Medal of Science dan Presidential Medal of Freedom. Pada tahun itu penghargaan, Milton Friedman dan istrinya Rose menerbitkan memoar bersama kehidupan mereka bersama, Dua Orang Lucky. . Dalam tahun-tahun kemudian, Friedmans membuat rumah mereka di San Francisco, di mana Milton Friedman meninggal pada tahun 2006, pada usia 94.

Sejak kematiannya - dan krisis keuangan tahun 2008 - ide-ide Friedman tentang peraturan pemerintah bisnis dan keuangan telah hangat diperdebatkan, tetapi ajarannya mempertahankan dukungan yang kuat di antara para ekonom dan pembuat kebijakan di seluruh dunia. Sejak tahun 2002, Cato Institute, sebuah Libertarian think tank, telah mendapatkan penghargaan Milton Friedman Prize sebesar $ 500.000 untuk orang yang telah melakukan yang paling dalam periode dua tahun sebelumnya untuk memajukan penyebab kebebasan ekonomi, sebuah penghargaan pas untuk pria dan untuk menyebabkan dia diperjuangkan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar