Kaitan Pasar dengan Distribusi

Satu waktu coba anda perhatikan saat anda pergi ke sebuah pasar tradisional ataupun modern. Perhatikanlah kegiatan-kegiatan yang terjadi didalamnya. Banyak truk-truk yang mengangkut barang dari sentra-sentra produksi. Para kuli dengan sigap membongkar dan mengangkat barang-barang menuju tempat pemiliknya. Di sisi lain, banyak pedagang yang membeli barang dan akan dijual kembali secara eceran. Semua rangkaian tersebut sebenarnya menggambarkan bahwa dipasar banyak sekali terjadi kegiatan ekonomi, terutama kegiatan distribusi.


Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan distribusi itu ?

Distribusi merupakan menyalurkan barang atau jasa dari produsen kepada konsumen. Dimana salah satu fungsi utamanya meliputi kegiatan pembelian dan kegiatan penjualan (fungsi pertukaran). Kegiatan dilakukan oleh semua pihak yang berada di pasar, baik oleh pembeli maupun penjual.

Fungsi kedua dari kegiatan distribusi yakni sebbagai penyedia fisik. Barang yang dibeli oleh pedagang tentunya tidak selalu laku dalam satu kali penjualan. Barang-barang yang tidak laku menjadi persediaan bagi kegiatan penjualan berikutnya. Persediaan barang tersebut harus disimpan sedemikian rupa agar tidak rusak, tapi tetap memberikan kemudahan kegiatan jual beli. Berbagai macam cara dilakukan pedagang untuk menjalankan fungsi ini.

Selain fungsi diatas, distribusi berfungsi pula sebagai sarana memperkenalkan barang atau jasa yang diproduksi (promosi). Dalam hal ini, distribusi memiliki tugas menimbulkan keinginan konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menimbulkan keinginan konsumen salah satunya dengan memberikan diskon kepada konsumen. Melalui kegiatan ini paling tidak konsumen dapat mengenal produk-produk yang ditawarkan karena sengaja atau tidak sengaja mereka akan melihat dan membaca logo produk tersebut. Selain itu, konsumen juga merasa senang dan puas. Kalau sudah demikian tentunya keinginan komsumen untuk membeli produk yang ditawarkan akan lebih mudah ditumbuhkan.

Berasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan baha pasar memiliki hubungan yang sangat erat dengan kegiatan distribusi. Dimana pasar merupakan sarana yang paling tepat untuk kegiatan distribusi. Hal ini sesuai dengan fungsi dari pasar, yaitu sebagai sarana untuk menyalurkan hasil produksi dari produsen ke konsumen, sebgai tempat yang paling strtegis untuk memperkenalkan barang-barang hasil produksi kepada konsumen, dan sarana terjadinya interaksi antara penjual dengan pembeli dalam melakukan jual beli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar